Puing-Puing Besar Roket China Jatuh ke Bumi

Puing-Puing Besar Roket China Jatuh ke Bumi

Reruntuhan roket China dengan nama Long March 5B diperkirakan akan jatuh ke bumi. Roket itu diluncurkan oleh pemerintah China pada tanggal 29 April 2021. Roket ini dikabarkan membawa modul pertama stasiun luar angkasa, yang mana akan melesat turun ke bumi dengan kecepatan ratusan kilometer per jam.

Puing roket ini memiliki berat sebesar 18 ton. Hal ini menjadikannya menjadi salah satu benda terbesar yang digunakan untuk mengangkasa dalam 10 tahun terakhir. 

Para ahli sulit memastikan lokasi pasti jatuhnya puing ini akan berada di wilayah mana. Walaupun sebagian besar puing ini akan terbakar saat melewati atmosfer, namun akan ada bagian puing roket yang terbuat dari material logam tertentu, yang mana mampu bertahan hingga nantinya jatuh ke bumi.

Puing ini dikabarkan akan jatuh pada pukul 04.00 hingga 14.00 WIB. Namun, proyeksi seperti merupakan hal yang tidak pasti.

Baca Juga : Dispatch Bongkar Kencan Antara Jennie BLACKPINK dan G-Dragon

Astrofisikawan asal Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian hingga meminta agar kedepannya China mendesain ulang roket agar skenario seperti ini tidak terulang lagi. Dirinya juga mengatakan bahwa peluang nyata terjadinya kerusakan roket bisa terjadi dan menimbulkan korban jiwa. 

Selain itu, Pertahanan AS Lloyd Autin sebelum menilai bahwa China telah lalai karena membiarkan badan roket dengan ukuran besar jatuh ke orbit. Namun, AS tidak berencana untuk menembak jatuh roket tersebut.

Baca Juga : Kaesang Trending di Sosial Media, Ada Apakah Gerangan?

Menanggapi berbagai kekhawatiran yang ada, pihak China sendiri menyatakan bahwa sebagian komponen roket tersebut akan hancur saat memasuki bumi, sehingga tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Kejadian jatuhnya roket ke bumi ini sebelumnya juga pernah terjadi pada tahun 2020. Dimana puing-puing roket Long March jatuh di desa-desa yang berada di Pantai Gading, Afrika Barat. Kejatuhan puing-puing ini menyebabkan kerusakan struktural, namun tidak sampai menyebabkan korban jiwa.

Selain itu, pada tahun 1979 bagian dari stasiun luar angkasa milik Amerika Serikat juga jatuh ke Australia bagian barat yang menarik perhatian seluruh dunia.

Author: admin

1 thought on “Puing-Puing Besar Roket China Jatuh ke Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *