Inilah 5 Tips dari SehatQ Agar Tanaman Tomat Bisa Tumbuh Subur

Tanaman tomat yang ditanam di dalam ruangan (Pixabay/Natalia Kuzina).

Tanaman merupakan salah satu aspek penting yang ada di rumah. Dengan adanya tanaman tentu rumah akan menjadi terlihat rindang dan sejuk. Selain itu, kualitas udara yang masuk pun juga bagus.

Ada berbagai jenis tanaman yang bisa ditanam di lingkungan sekitar rumah. Mulai dari bunga, tanaman obat, sampai dengan buah-buahan. Berbagai jenis tanaman ini tentu menyesuaikan juga dengan luas lahan yang kamu miliki. 

Tanaman Tomatmu Mudah Mati? Ini Dia 5 Tips Agar Tanaman Tomat Bisa Tumbuh Subur
Tanaman Tomatmu Mudah Mati? Ini Dia 5 Tips Agar Tanaman Tomat Bisa Tumbuh Subur

Orang dengan lahan yang luas tentu akan lebih leluasa untuk menanam berbagai jenis tanaman, bahkan tanaman dengan bentuk besar sekalipun. Namun, meskipun memiliki luas lahan yang kecil, kamu tetap bisa menanam tanaman di rumah kok. Kami akan menjelaskan bagaimana cara menanam tomat yang baik dan benar, simak sampai bawah ya.

Bahkan, meskipun kamu tidak memiliki pekarangan, kamu tetap bisa bercocok tanam di rumah dengan menerapkan sistem hidroponik.

Salah satu jenis tanaman yang sering dibudidayakan adalah tomat. Buah dengan rasa manis atau terkadang sedikit asam tapi menyegarkan ini sangat digemari oleh masyarakat. 

Buah ini dapat dikonsumsi untuk berbagai jenis hidangan, misalnya saja jus atau sebagai campuran dalam masakan.

Dikarenakan kegunaannya yang banyak inilah, tomat menjadi salah satu tanaman favorit yang harus dimiliki di rumah.

5 Tips Agar Tanaman Tomat Bisa Tumbuh Subur

Namun, ternyata mengelola tanaman tomat tidak semudah yang dibayangkan. Sebab jika tidak dirawat dengan baik dan benar tanaman ini akan mudah mati. Jika sudah mati, maka kamu tidak akan bisa untuk menikmati tomat hasil panenmu sendiri. 

Tapi jangan langsung khawatir, sebab ada beberapa Review dan tips yang bisa kamu lakukan agar tanaman tomatmu bisa tumbuh subur dan tidak mudah mati.

1. Tanaman tomat harus sering terkena angin

Tahukah kamu, agar batang bisa tumbuh dengan subur dan kuat tanaman tomat perlu untuk terus bergerak. 

Jika kamu menanam tanaman tomat di kebun atau pekarangan rumahmu tentu akan sangat mudah mendapatkan sirkulasi udara karena memang tanaman berada di luar ruangan. Namun, jika tanaman tomat ini di dalam ruangan, maka kamu perlu memberikan sirkulasi udara tambahan agar tanaman tomat bisa bergerak-gerak.

Cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menyalakan kipas angin di dalam ruangan selama 5-10 menit. Lakukan kegiatan ini dua kali sehari agar tanaman tomat bisa bergerak dengan bebas.

2. Mempersiapkan lahan tanaman tomat dengan baik

Menanam tomat baik di pekarangan rumah sendiri atau membudidayakannya dalam sebuah lahan yang luas tentu hal pertama yang harus dipertimbangkan mengenai lahannya. Lahan harus diolah dengan baik agar bisa layak pakai.

Pengolahan ini berfungsi untuk menciptakan kondisi fisik, kimia, dan biologis tanah agar bisa lebih baik. Selain itu sangat perlu untuk membunuh gulma pada tanaman yang tidak diinginkan.

Tanah dalam kondisi rata tentu akan lebih mempermudah perawatannya. Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah mempersiapkan pengaturan irigasi dan drainase.

3. Jangan tanam biji tomat terlalu rapat

Agar tanaman tomatmu bisa tumbuh dengan baik, kamu perlu memberi jarak pada setiap biji yang ditanam. Jika tanaman tomat tumbuh terlalu rapat, maka akan memudahkannya terserang penyakit.

Selain itu, jangan memendam benih terlalu dalam. Setelah biji tomat tumbuh, kamu hanya perlu memilih bibit yang baik untuk kemudian benar-benar dilanjutkan perawatannya.

Hal ini dilakukan agar tanaman tidak rentan terkena penyakit dan kamu benar-benar bisa mendapatkan buah tomat yang bagus.

4. Beri pencahayaan yang cukup

Jika kamu menginginkan agar tanaman tomatmu bisa berbuah lebat, kuncinya terletak pada pemberian cahaya. Di masa pertumbuhannya tumbuhan tomat sangat memerlukan cahaya matahari yang cukup dan secara langsung.

Oleh karena itu, jika kamu tidak menanam tomat di luar ruangan, kamu bisa menggunakan pencahayaan tanaman buatan. Gunakan pencahayaan tanaman buatan itu selama 14-18 jam per harinya.

5. Siram tomat secara rutin

 Pada dasarnya setiap tanaman selain mendapatkan pencahayaan yang cukup juga bisa mendapatkan sumber air yang cukup pula. Oleh karena itu, tahap penyiraman terhadap tanaman tomat tidak boleh dilewatkan. 

Jika terlewat begitu saja, tanaman tomat akan mudah untuk membusuk, pecah, dan retak akibat kekurangan kalsium.

Tomat yang kekeringan tentu rasanya tidak akan nikmat untuk dicampurkan sebagai bahan masakan, maupun dibuat jus.

Kesimpulan

Itulah kelima tips mudah yang bisa kamu lakukan ketika sedang menanam tanaman tomat. Entah hanya untuk dikonsumsi secara pribadi, maupun membudidayakannya dalam skala besar, tanaman tomat tetap harus bisa dirawat dengan baik agar kamu pun bisa menuai hasil buah tomat dengan maksimal.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *